Besarnya peran HRD dalam sebuah perusahaan membuat HRD memberi hak kekuasaan yang tertinggi mengenai pengambilan keputusan perusahaan. Apa saja tugas serta fungsi HRD dalam perusahaan? Dan apa perayaratan untuk bisa diterima menjadi HRD? Berikut uraiannya:
Tugas HRD
1. Bertanggung jawab dalam perekrutan serta seleksi karyawan termasuk di dalamnya adalah persiapan-persiapannya.
2. Bertugas mengembangkan skill karyawan dengan memberi pelatihan.
3. Menjaga hubungan antar karyawan.
4. Pengawasan kinerja karyawan termasuk absensi.
5. Memberi kompensasi dan perlindungan karyawan.
Fungsi HRD
1. Memastikan karyawan yang masuk adalah yang terbaik dan tepat untuk posisi dimana karyawan tersebut ditempatkan.
2. Melakukan pengawasan terhadap kinerja karyawan.
3. Memastikan kesejahteraan karyawan terjamin.
4. Melindungi karyawan terlindungi dan tidak dirugikan oleh keputusan-keputusan manajemen.
Syarat Menjadi HRD
1. Lulusan jurusan psikologi
2. Memahami/mampu membaca karakter manusia
3. Mampu menyelesaikan berbagai persolan ketenagakerjaan dan sanggup beradaptasi dalam berbagai situasi tidak terduga terkait ketenagakerjaan.
4. Menguasai komputer khususnya softwear yang berfungsi untuk membuat laporan terkait kegiatan HR.
Penutup
HRD adalah pekerjaan yang posisinya sangat penting dalam sebuah perusahaan. HRD memiliki otoritas yang sangat tinggi hingga karyawan tingkat staf sampai manajemen. Dengan kewenangan sebesar itu sudah pasti HRD memiliki peran besar dalam kemajuan perusahaan. Seorang HRD tentunya dipegang oleh orang yang kompeten dan berpengalaman sehingga meminimalisir kesalahan dalam pemenuhan tugas dan tanggung jawabnya.
Comments
Post a Comment
Mohon untuk berkomentar dengan sopan dan jangan meletakkan link aktif, berjualan dan berkomentar diluar topik yang dibahas. Jika melanggar maka admin berhak untuk tidak menayangkan komentar anda.